photo cls5_2.jpg  photo frd.jpg  photo ABE1.jpg

Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah

Keyakinan dan Cita-cita Hidup

Semua manusia yang hidup pastilah memiliki cita-cita yang hendak dicapai. Dan cita-cita tersebut pastilah bagus. Untuk mewujudkan / mencapai suatu cita-cita diperlukan beberapa hal diantaranya adalah Fokus, Terarah dan Yakin. Adapun manfaat dari keyakinan adalah:

  • Keyakinan merupakan pondasi untuk menopang tercapainya sebuah cita-cita.
  • Keyakinan berfungsi sebagai landasan agar tidak tergelincir.
  • Keyakinan menjadi api semangat untuk mengejar cita-cita sampai benar-benar tercapai.
  • Keyakinan pula yang akan membangkitkan semangat ketika berhadapan dengan berbagai rintangan dan tantangan hidup.
Muhammadiyah bisa berkembang dan bertahan hingga sekarang karena sejak berdirinya hingga sekarang muhammadiyah tetap konsisten bergerak dijalur Dakwah Islam dan memiliki keyakinan dan cita-cita hidup.

Cita-cita Muhammadiyah adalah mengembalikan pemahaman umat terhadap ajaran Islam ke sumbernya yang asli, yakni Al-qur'an dan Sunnah serta menjauhkan umat dari praktek keagamaan yang hanya ikut-ikutan (taqlid).


 RUMUSAN MATAN KEYAKINAN DAN CITA-CITA HIDUP
MUHAMMADIYAH (MKCH)
  1. Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar, berakidah Islam dan bersumber pada al-Qur'an dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, untuk melaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
  2. Muhammadiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah Agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul-Nya, sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Isa dan seterusnya samapai kepada Nabi Muhammad saw, sebagai hidayah dan rahmat Allah swt. kepada umat manusia sepanjang masa, dan menjamin kesejahteraan hidup materiil dan spirituil, duniawi dan ukhrawi.
  3. Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan: (a). Al-Qur'an: Kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. (b). Sunnah Rasul: Penjelasan dan pelaksanaan ajaran-ajaran Al-Qur'an yang diberikan oleh Nabi Muhammad saw. dengan menggunakan akal fikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
  4. Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang-bidang: a.Akidah, b.Akhlak, c.Ibadah, d.Muamalah Duniawiyah
          4.1. Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya akidah Islam yang murni, bersih dari gejala-gejala
                 kemusyrikan, bid'ah dan khurafat, tanpa mengabaikan prinsip toleransi menurut ajaran Islam.
          4.2. Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya nilai-nilai akhlak mulia dengan berpedoman kepada
                 ajaran-ajaran al-Qur'an dan Sunnah Rasul, tidak bersendi kepada nilai-nilai ciptaan manusia.
          4.3. Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan oleh Rasulullah saw, tanpa
                 tambahan dan perubahan dari manusia.
          4.4. Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya muamalah duniawiyah (pengelolaan dunia dan
                 pembinaan masyarakat) dengan berdasarkan ajaran agama serta menjadikan semua kegiatan
                 dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah swt.
     5.  Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan, kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu Negara yang adil dan makmur dan diridhai Allah swt: Baldatun Thayibatun wa Rabbun Ghafuur.