photo cls5_2.jpg  photo frd.jpg  photo ABE1.jpg

Ideologi Muhammadiyah

Ideologi Muhammadiyah - Islam sebagai akidah artinya Islam sebagai sumber utama dalam menentukan cita-cita hidup. Islam harus dipatuhi dan diyakini sebagai satu-satunya jalan yang dapat menghantarkan manusia ke puncak kebahagiaan dunia dan akhirat.

Islam mengajarkan bahwa tujuan hidup manusia adalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah swt. dengan cara mengerjakan perintahnya serta mentaati segala ketentuan-Nya agar mendapat ridha-Nya.
Dalam ketentuan Allah swt. bahwa manusia harus menjalankan dua fungsi utama yaitu: sebagai hamba dan sebagai khalifah. Sebagai khalifah, manusia diberi wewenang untuk mengelola alam untuk kemakmuran dan kebaikan. Dalam mengelola alam, manusia tidak boleh terlepas dari tujuan utama yakni beribadah. Sehingga manusia yang dapat mengelola dan memakmurkan alam bisa dinamakan ibadah yakni melakukan amal-amal yang mendatangkan manfaat, perdamain dan keadlilan. Keistimewaan yang diberikan Allah swt kepada umat Muhammad saw, adalah bahwa segala aktivitas hidup muslim adalah ibadah, selama aktivitas tersebut diniatkan untuk mengabdi kepada Allah, dan bertujuan untuk mencari kemaslahatan hidup bersama.